Anda Tim Daycare atau Pengasuh

0
613

Hei, mommies siapa disini yang anak-anaknya tetiba udah gede aja? Haha SAMA, saya pun merasakan hal yang serupa, padahal usia Cle baru mau 2 tahun tapi karena ada wisuda kelulusan dari baby class naik ke toddler alhasil anak kicik ini ikut diwisuda bareng ama kaka-kaka Preschool.

Sedikit cerita, jadi Cle sudah saya sekolahkan semenjak umurnya 4 bulan, penyebabnya banyak karena saya belum percaya pengasuh. Ok kenapa daycare, dan kenapa masih kecil disekolahkan, banyak banget pertanyaan seperti itu dan inilah jawaban diplomatis saya.

MEMILIH DAYCARE

Saya belum percaya pengasuh? WHY? Padahal pengasuh bakal jauh lebih murah biayanya daripada daycare kan? Jawabannya BENAR moms, namun ada beberapa pertimbangan saat saya memutuskan memilih daycare. Jadi semenjak hamil saya sudah hunting beberapa daycare, JIKA saya tidak mendapatkan pengasuh yang cocok, dan alhasil setelah perjuangan Panjang dan perdebatan pada saat itu alhasil saya yakin menitipkan Cle di daycare dan kebetulan daycare-nya qualified setelah hasil screening saya sendiri.

Saya sebenarnya bukannya tidak percaya dengan pengasuh, namun karena rumah selalu kosong alhasil saya memutuskan untuk memilih alternative daycare, trus ada yang nanya, mahal ga? Duh…alhamdulilah hamper gaji saya tersita untuk Pendidikan cle hahaha, tapi saya nggak ragu dan yakin REZEKI ITU PASTI ADA! Ya ngga moms…

Nah terkadang prinsip ibu dan bapak tuh agak beda pasti, para ibu pasti mau yang terbaik anaknya dan apapun dikorbankan nah beda ama bapak, mereka mau yang terbaik tapi notabene yang murah ya sist…BUT sekolah jaman sekarang mana ada yang murah kan, dan itulah yang Namanya para orangtua mesti banget harus MENABUNG, walaupun anaknya masih bayik.

DAFTAR MEMILIH DAYCARE

Memilih daycare yang cocok untuk Mommies, si ibu bapak bekerja, dan si anak ngga ada yang jaga dan ini mesti banget jeli. Selain pertimbangan harga, apa lagi yang harus diperhatikan? Ini tips buat Mommies yang masih galau perlu Daycare atau ngga :

Memiliki Tim Ahli

Moms kita mesti waspada terhadap lembaga yang tidak jelas statusnya. Day care yang baik memiliki tim ahli yang lengkap dan terpercaya. Jajaran pakar terdiri dari ahli pendidikan anak (lulusan pendidikan ilmu keguruan), ahli gizi dan kesehatan anak (dokter gizi klinis atau dokter gizi anak dan dokter anak) serta ahli perkembangan anak (psikolog).

Moms kita mesti waspada terhadap lembaga yang tidak jelas statusnya. Day care yang baik memiliki tim ahli yang lengkap dan terpercaya. Jajaran pakar terdiri dari ahli pendidikan anak (lulusan pendidikan ilmu keguruan), ahli gizi dan kesehatan anak (dokter gizi klinis atau dokter gizi anak dan dokter anak) serta ahli perkembangan anak (psikolog).

Sortir daycare yang memiliki reputasi dan keamanan baik

Seengganya dengan zaman yang udah canggih seperti sekarang ini, mommies bisa searching daycare mana yang layak buat tempat tinggal kedua untuk anak kita ya moms. Minimal daycare sekarang sudah memiliki website sendiri, media social yang selalu aktif (IG,FB dan No Whatsapp). Dan paling penting mereka memiliki CCTV dari berbagai sisi rumah. Ini menurut saya penting, karena keamanan anak akan terjaga dari internal rumah maupun eksternal, selain tiu pun orangtua bebas memantau dimana dan apa yang dilakukan oleh anak.

Lokasi Daycare

Nah, ini penting sih menurut saya. Jika ditanya saya better untuk memilih lokasi daycare yang dekat dengan kantor, karena itu memudahkan buat kita para mommies yang suka galau dan nervous kalo si anak butuh sesuatu hal yang penting, misalkan stock ASI habis, Popok atau kebutuhan dasar lainnya.

Kondisi fisik dan pengajaran day care

Pastinya hal lain yang saya pilih dari daycare adalah memiliki konsep yang homey dan harus bersih, memiliki arena bermain yang cukup nyaman, tidak sempit, dilengkapi dengan perangkat-perangkat yang aman dan menunjang proses eksplorasi, perkembangan dan istirahat anak-anak.

Cek dan hitung jumlah pengasuh

Pastikan pengasuh adalah orang-orang yang terlatih menghadapi bayi, sayang pada bayi dan sensitif dengan kebutuhan bayi. Baiknya, pengasuh memiliki ketrampilan melakukan perlakukan pertama pada kecelakaan anak dan memiliki surat keterangan dokter bebas dari penyakit yang menular, seperti TBC. Perhatikan pula rasio pengasuh dengan jumlah anak yang berada di day care setiap harinya. Idealnya, 1 staf menangani maksimal 2/3 bayi dan batita. Untuk balita, maksimal 3/4 anak.

Menyusun jadwal aktivitas atau permainan

Daycare pasti memiliki rundown yang baik untuk kegiatan aktivitas anak yang menggembirakan bagi anak, sehingga interaksi yang terjadi di day care sekaligus bernilai edukasi dan menunjang perkembangan anak. Biasanya mereka akan mengirimkannya awal bulan dan diinfokan kepada seluruh orangtua murid di awal bulan.

Memiliki pengajaran yang baik

Untuk metode pengajaran Cle sekarang ini yang dilakukan daycarenya adalah dengan konsep belajar montesori, apa sih Montessori? Apa bagusnya. Ok fine akan saya jelaskan

MONTESSORI ialah….

Montessori adalah metode pendidikan yang ditemukan Maria Montessori kurang lebih 100 tahun lalu. Pola pendidikan modern ini dianggap berbeda dengan gaya pendidikan yang lainnya. Ciri-ciri metode pendidikan montessori adalah adanya penekanan terhadap aktivitas pengarahan diri pada anak, dan pengamatan klinis dari guru yang berfungsi sebagai fasilitator atau pendamping. Metode ini juga menekankan pentingnya penyesuaian dari lingkungan belajar dengan tingkat perkembangan anak dan peran aktivitas fisik dalam menyerap mata pelajaran secara akademis maupun keterampilan praktik secara langsung.

Tidak sampai di situ saja, metode ini juga menggunakan peralatan auto correction untuk membantu anak belajar dengan baik. Penggunaan peralatan tersebut bertujuan agar anak mengerti soal benar atau salah terhadap perbuatan yang telah dilakukan, sehingga anak bisa mengoreksi dirinya sendiri. Nah, hal ini tanpa disadari membuat sang anak menjadi lebih paham atas kesalahan yang dilakukan, tanpa perlu diberitahu oleh pendidiknya. Itu sebabnya, sekolah dengan metode ini tidak mengenal adanya reward dan punishment (hadiah dan hukuman).

Apa bedanya metode montessori dengan metode pendidikan lainnya?

Pada dasarnya, metode pendidikan montessori hampir serupa dengan sistem reguler, karena masih melibatkan peran murid dan guru. Namun, di sekolah reguler, semua pelajaran yang diajarkan berdasarkan kurikulum, sehingga mau tak mau anak-anak “dipaksa” untuk mengerti semua hal yang diajarkan. Sedangkan di sekolah yang menerapkan metode pendidikan montessori, anak-anak diajarkan untuk mandiri.

Dengan metode montessori, anak-anak akan belajar melakukan sendiri kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, seperti merapikan tempat tidur, mencuci piring sehabis makan, mengancing baju sendiri dan lain-lainnya. Tidak hanya itu, anak-anak yang belajar dengan metode montessori juga akan bermain dengan aneka permainan yang mendidik.

Meski terkesan memiliki metode pendidikan yang bebas dan tidak beraturan, pelajaran yang diajarkan dalam metode ini memiliki artian dan tujuan pendidikan tertentu dan bisa dipilih anak sesuai dengan kegemarannya, yang sesuai dengan usianya.

Sistem pendidikan yang menggunakan metode ini mengenal lima area belajar utama yaitu, latihan kehidupan sehari-hari atau Exercise of Practical Life, pembelajaran melalui panca indra/sensorial, bahasa/Language, dunia sekitar/Cultural, dan matematika/Math. (sumber Hellosehat.com)

Jadi jika ada yang tanya, Cle kenapa keliatan mandiri ya moms? Itu mungkin dibawah alam sadarnya dia, sudah menerapkan konsep Montessori di daily-nya dia sendiri dan saya pun mengajarinya untuk melakukan hal yang ia suka namun tetap dalam lingkup beraturan dan tidak sembarang. Yang perlu mommies ingat, anak itu sangat pintar bahkan dia akan nge-copas apapun yang mereka lihat, dengar dan rasakan.

Dan Alhamdulilah fase pertama baby telah dilewati untuk Cle, semoga naik ke Toddler lebih berkreasi dan mengeksplore dunia baru. Selamat naik kelas nak mammi, mammi bangga padamu. Jadi orang hebat, sholehah, penyayang dan selalu berbagi ya nak, karena konsep hidup bahagia itu, lebih banyak berbagi dengan ikhlas dibandingkan memperkaya diri sendiri. Love you 3000 😊

Buat Mommies yang mau tanya soal daycare, monggo feel free by email atau bisa DM by whats app ya..

back to top