Ujian TOPIK 2022

0
61

Siapa disini yang mau ikut Ujian TOPIK atau mungkin lagi mempersiapkan TOPIK. Alhamdulilah aku kemarin berkesempatan untuk ikut ujian ini dengan hasil yang lumayan hehe. Yes aku bakal share pengalaman aku kemarin ujian TOPIK termasuk persiapan sebelum ujiannya yah.

Jadi banyak yang bilang, apa sih TOPIK. Ok jadi TOPIK atau Test of Proficiency in Korean adalah tes untuk mengukur kemampuan serta pemahaman bahasa Korea bagi orang asing. Tes ini dilakukan untuk mengukur seberapa mahir kita dalam membaca, menulis dan mendengarkan bahasa Korea. Pada awalnya tes ini memiliki 3 tingkatan, mulai dari tingkat beginner (pemula), intermediate (menengah) hingga tingkat advance (lanjutan atau mahir). Namun, saat ini tiga tingkatan tersebut dibagi lagi menjadi dua bagian yaitu TOPIK I (tingkat 1-2) dan TOPIK II (tingkat 3-6). 

Terus ini dipakai buat apa sih? Jadi selain untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan berbahasa Korea kita, hasil dari tes ini dapat kita pakai untuk berbagai macam hal, seperti, untuk mendaftar ke perguruan tinggi di Korea, mendaftar beasiswa di Korea, hingga bisa digunakan untuk mencari pekerjaan. Jadi bisa dibilang TOPIK itu seperti IELTS/TOEFL dalam bahasa inggris sekaligus mungkin syarat mutlak kalo kamu mau sekolah atau kerja di Korea. Hayo ada yang bisa nebak kalo aku pakai buat apa? ^-^

Ini resmi atau ngga sih, kok susah banget ya cari tes TOPIK ngga seluas IELTS/TOEFL. Jadi TOPIK diselenggarakan oleh National Institute for International Education (NIIED) dibawah kementrian Pendidikan, Sains dan Teknologi Korea. Selain itu, lembaga ini memiliki tugas untuk bertanggung jawab atas manajemen tes serta menentukan lembaga pengawas yang menyelenggarakan tes baik di dalam negeri ataupun luar negeri. Lembaga yang ditunjuk biasanya adalah universitas yang besar. Nah maka dari itu tes TOPIK di Indonesia sendiri hanya diadakan 2x dalam setahun, biasanya di bulan April & Oktober (tentatif), namun selama pandemi kemarin Indonesia ngga ada Test TOPIK.

Nah kebetulan aku ikut 84th TOPIK yang diadain bulan Oktober 2022 tapi pendaftaran sudah dibuka 2 bulan sebelumnya which is Agustus awal. Dan hasilnya akan keluar 2 bulan setelahnya (Desember). Terus gimana sih cara daftar dan lokasi tesnya 🙂

CARA DAFTAR

Perlu diketahui kalo ujian TOPIK itu diadakan di 4 kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Karena aku ikut yang di Jakarta yang mana dihandle langsung oleh JIKS atau Jakarta Indonesia Korean School maka aku rajin buka website mereka dan instagram JIKS untuk info ter-updatenya. Nah JIKS biasanya akan pasang pengumuman soal tes TOPIK (persyaratan, waktu dll). Sepengalaman aku kemarin karna tes ini banyak sekali jadi kita daftar dengan mengisi G-form sesuai link yang tertera di websitenya, apabila G-Form ngga bisa di klik berarti kuota untuk harian telah habis. Oiya pendaftaran TOPIK Jkt itu ada kuota hariannya ya dan tiap hari dibuka setiap jam 10 pagi. Untungnya aku baru bisa masuk dan isi gform di hari ke-4 dengan waktu 10.03 menit, heheheh.

Nantinya apabila sudah berhasi mengisi gform, nantinya kamu akan di berikan konfirmasi email bahwa kamu sudah terdaftar dan perlu melengkapi beberapa berkas persyaratan serta pembayaran. (persyaratannya seperti gambar terlampir ya 🙂

pendaftaran TOPIK

Apabila semua berkas kamu sudah selesai, kamu sisa menunggu email konfirmasi saja dan mereka akan mengirimkan kartu peserta yang mesti kamu cetak nantinya dan dibawa saat ujian berlangsung.

Saran : Apabila link email pendaftaran tidak dapat diakses/buka, sebaiknya segera telepon ke pihak perwakilan atau tempat agar mereka bisa memberikan solusi, ini pengalaman aku kemarin krn sebelumnya aku ngga tahu kalo pendaftaran di Jakarta itu ada kuota harian, aku kira bisa daftar kapan saja sesuai tanggal yang ditentukan selain itu juga link yang aku klik ngga bisa dibuka untungnya gercep telepon pihak JIKS dan mereka memberikan solusi.

SOAL UJIAN TOPIK

Untuk soal sendiri tergantung kamu ambil TOPIK apa ya jadi TOPIK dibedakan menjadi 3 tingkat, tingkat 1-2 yaitu  tingkat beginner (pemula), tingkat 3-4 yaitu intermediate (menengah) hingga tingkat 5-6 yaitu advance (lanjutan atau mahir). Untuk TOPIK I (tingkat 1-2) biasanya soal ujian nya memiliki dua bagian yaitu membaca dan mendengarkan. TOPIK I memiliki total soal sebanyak 70 (40 soal reading dan 30 soal listening). Semua soal TOPIK I berbentuk pilihan ganda. Waktu untuk mengerjakan TOPIK I adalah 100 menit.

Berbeda dengan TOPIK I, Soal ujian TOPIK 2 (tingkat 3-6) punya 3 bagian yaitu membaca, mendengarkan dan menulis. TOPIK II memiliki total soal sebanyak 104 soal (50 soal tipe pilihan ganda untuk sesi reading, 50 soal pilihan ganda untuk sesi listening dan 4 soal jawaban singkat/esai untuk sesi writing). Waktu untuk mengerjakan TOPIK II adalah 180 menit. Sudah kebayang dong…

Oiya untuk ujian nantinya, kamu akan diawasi oleh 2 orang Korea asli, untuk alat tulis kamu tidak perlu membawa pensil/pulpen karena akan diberikan seperti spidol khusus TOPIK untuk mengisi lembar ujian. Spidol ini nantinya akan menjadi milik kamu alias boleh dibawa pulang hehe, jadi kamu cukup bawa kartu ujian dan badan aja sih.

PERSIAPAN UJIAN

Kalo ditanya persiapan ujiannya gimana sih, jujurly aku persiapan tuh ngga ada sama sekali. Aku juga coba-coba aja kira2 aku berada di level berapa. Basic aku pernah les bahasa korea tapi itu kayaknya 6/7 tahun lalu deh yang otomatis selama ini belajar otodidak dan pastinya drakor dan lirik lagu itu berperan penting dalam ujianku hahaha…tapi kalo ditanya lebih gampang mana TOEFL/TOPIK aku ngga bisa bilang mana yang gampang tapi bisa jawab sama-sama susah karena kita ga akan dapat nilai yang tinggi kalo cuma belajar SKS (Sistem Kebiut semalam).

Hmm, kalo dihitung-hitung total belajar aku sampe aku bisa ujian TOPIK tuh stengah tahun alias 6 bulan, tapi belajarnya ngga aku takar. Karena emang aku sibuk dikantor dan sampe rumah cuma bisa rebahan otomatis aku nunggu moodku up dulu. Biasanya waktu subuh tuh paling mantap. Jadi aku setiap hari belajar dalam perjalanan pergi dan pulang kantor. Lohhh kok bisa??

Jadi aku belajar TOPIK semua online, aku download banyak aplikasi tes TOPIK di hp, jadinya saat aku senggang atau pergi kekantor aku bisa simulasi sendiri. Kebayang kan numpuk didalam KRL trus gua sok-sokan listening soal TOPIK sampe dipanggil orang buat geser tempat sering ngga sadar kalo orang tsbt ngga nyolek hahaha. Dan dari semua aplikasi simulasi aku paling suka dengan apk MUGII TOPIK karena dia hampir semua yang keluar di ujian ada di MUGII, ngga sama soal sih tapi rata2 konsep soalnya sama persis. Nah sebulan sebelum tes juga aku ikut private untuk lebih memantapkan dan alhamdulilah hasilnya not bad :). Nantinya kalo kamu sudah selesai ujian kamu bisa langsung cek skor TOPIK sendiri ya, karena apabila kamu butuh untuk print out kamu bisa langsung print sendiri atau bisa langsung hubungi bagian TOPIK Korea by email, setahu aku akan dikenakan biaya print out deh..

Sekian penjelasan aku semoga bermanfaat teman-teman. Good Luck untuk persiapan Ujiannya ya ~~

Avatar photo
back to top