Drakor Review : Start – Up

0
527

Hello mom, kali ini kita bakal review salah satu drakor yang happening kemarin yuk. Hayo mana #timhanjipyeong dan mana tim #namdosan. Yes bener START-UP. Sepertinya sebelum saya review lebih dalam, saya pengen applause buat writernim yang sangat jeli untuk membangun setiap karakter dalam drama tersebut. Terbukti berkat alur cerita yang dia tulis, mampu mencampur adukkan hati para penonton. Karena sejak awal traillernya saya sudah mengira drama ini akan sukses besar.

Ok kita mulai ya moms. Start Up secara garis besar menceritakan keinginan sekelompok anak muda yang ingin mencapai kesuksesan dalam bidang/bisnis startup (perusahaan rintisan). Dalam mencapai kesuksesan, banyak hal dilewati seperti awal mula berdiri menjadi perusahaan, permasalahan percintaan di masa lalu dan saat ini, keluarga, hingga pertemanan.

Dengan berlatar belakang Silicon Valley fiksi Korea Selatan, yang disebut Sandbox. Sandbox adalah tempat berkumpulnya para start up yang bermimpi untuk menjadi Google dan Amazon di masa depan, disini semua kisah orang-orang di dunia perusahaan startup dimulai. Perlu menghasilkan $ 90rb untuk membuka bisnisnya sendiri, Seo Dal-Mi keluar dari universitas dan mengambil pekerjaan paruh waktu. Dia bercita-cita menjadi seseorang seperti Steve Jobs. Nam Do-San adalah pendiri Samsan Tech. Dia hebat dalam matematika. Dia memulai Samsan Tech dua tahun lalu, tetapi perusahaannya tidak berjalan dengan baik. Entah bagaimana, Nam Do-San menjadi cinta pertama Seo Dal-Mi. Namun pada kenyataannya ternyata Nam Dosan yang selalu menulis surat tersebut adalah bukan Dosan asli melainkan Han Jipyeong. Oh iyah drakor ini diperankan oleh Bae Suzy sebagai Seo Dal Mi, Nam Joo Hyuk sebagai Nam Dosan dan Kim Seon Ho sebagai second lead yaitu Han Jipyeong. Oh iyah drakor ini diperankan oleh Bae Suzy sebagai Seo Dal Mi, Nam Joo Hyuk sebagai Nam Dosan dan Kim Seon Ho sebagai second lead yaitu Han Jipyeong.

Sebenarnya banyak hal yang disajikan Start-Up selain cinta segitiga di antara pemain utamanya, seperti kita diajarkan bagaimana mengembangkan bisnis StartUp dari mulai awal hingga menjadi sukses. Selain itupula mulai dari pengetahuan-pengetahuan dasar mengenai startup bagi kaum awam, inovasi-inovasi bidang teknologi, dan kondisi awal perusahaan rintisan yang dikonfirmasi orang Silicon Valley.

Karakter Ji-pyeong yang menjadi pendukung utama alias second lead, justru amat ditonjolkan di sesi paling awal drakor ini. Sedangkan sang karakter utama, Nam Do-san, hanya ditampilkan beberapa detik sebelum episode pertama berakhir. Memang ngga ada yang salah ya mom dengan jalan cerita ini. Tetapi ngga heran mengapa ada banyak orang justru menilai Ji-pyeong adalah sang karakter utama Start-Up dan layak punya akhir bahagia selayaknya tokoh utama pada umumnya. Padahal hukum perdrakoran ngga ada second lead yang tiba-tiba menjadi main lead hehe…

Terlepas dari siapa yang pada akhirnya mendampingi Dal-mi, akhir cerita Start-Up sejatinya adalah buah dari pengalaman yang membentuk karakter tersebut. Misalnya Ji-pyeong. Ia memang jujur, bahkan bagi sebagian orang menilainya jahat karena kata-katanya yang tajam hingga ada korban jiwa. Namun itu semua karena ia sedari remaja adalah sosok kesepian dan sebatang kara, hanya ada Halmeoni yang mengerti dirinya dan itupun cuma sementara.

Sementara itu, Do-san adalah korban obsesi orang tuanya. Ia dipaksa melakukan hal di luar keinginannya hingga tak mengenal dirinya sendiri. Kondisi itu yang membuat ia hanya memiliki Dal-mi dalam hidupnya dan iri dengan Ji-pyeong.

MY REVIEW

Oke terlepas mommies memilih tim siapa disini, saya akan merangkumnya untuk drama ini diantaranya :

1.Drama ini membuat kita penasaran untuk setiap episodnya karena selalu ada teori untuk selanjutnya. Ada perasaan penasaran yang dibuat bagi para penonton, misalkan siapa yang menulis ( 복수 ; balas dendam ) pada stick note yang menggantung di Sandbox atau misteri sebuah bunga dan pita hitam di jembatan Hangang.

2.Dari segi pemain, saya suka semuanya terutama karakter Dosan dan Jipyeong yang sama kuatnya. Karakter Dosan lemah diawal namun ternyata makin kuat di ending cerita, sedangkan Jipyeong yang sangat berkarisma mampu mengguncang hati penontonnya hingga menjadi trending topic di twitter beberapa waktu lalu. Karakter In Jae yang kasar dan angkuh diawal ternyata bisa mencair di 3 episod terakhir. Karakter humoris bagi duo Yong San da Chul San ternyata mampu menghibur kita semua. Ditambah dengan pendukung Halmonie yang selalu menyiratkan pesan moral didalamnya.

3.Banyak pesan moral dalam setiap cerita, seperti halmonie yang selalu giat bekerja walaupun akhirnya memiliki kekurangan dengan penglihatannya, ia mampu berdiri sendiri tanpa belas kasih orang lain, kerja keras Dosan yang tidak menghianati hasil yang ia perjuangkan. Serta pendidikan rendah jika ia memiliki kemauan kuat dan terus belajar tanpa gengsi pasti akan mewujudkan cita-cita seperti Seo Dalmi.

4.Yang bisa saya ambil pesan didalamnya adalah ketika kamu memiliki mimpi sebisa mungkin usahakan dan wujudkan, jika memang hasilnya kurang kamu bisa untuk berusaha kembali dan pantang menyerah. Karena kesuksesan tesebut tidak didapatkan dengan instan melainkan melalui proses kecil yang nantinya akan menjadi besar.

Jujur mom, dari drama ini saya banyak belajar, kemudian saya berpikir apa yang saya sukai selama ini dan bisa saya tekuni dalam waktu yang lama, lalu jawabannya adalah Something about Korean, alhasil tercetuslah Gukhwa.Store bulan lalu yang saya create sendiri. Gukhwa adalah toko clothing line saya pertama yang didalamnya menyediakan custom stuff seperti t-shirt, bag, all merchandise and many more. Yuk cuss buat mommies yang mau custom apapun silahkan mampir di lapak saya ya. Dari startup saya belajar bagaimana mengembangkan bisnis, bagaimana me-manage promotion, mendesain all item, and thanks god buat teman-teman yang selalu mendukung saya hingga saat ini, banyak sekali orang-orang baik yang mengelilingi saya yang selalu memberikan segala advise 정말 고마워 . Rasanya keberuntungan saya sudah kembali setelah diikat oleh Imoogi mom..hahahahahahaha………………

Don’t miss it to visit our store in Instagram & Shopee (Gukhwa.Store) ya mom..^_^

back to top