Review : LittleBee Montessori School & Daycare

0
1348

Hi, moms siapa disini yang masih bingung soal daycare, pembelajaran di daycare dan rekomendasi daycare yang bagus. Oke aku pengen sharing sedikit mengenai pengalaman aku yang sebagai seorang ibu untuk anak pertama yang sangat bingung pada saat itu dan dihadapkan oleh beberapa pilihan pasca melahirkan dan kembali bekerja. Apakah si anak mesti dititipkan ke orangtua, di asuh oleh Nanny atau dititipkan di daycare. Saya buat tulisan ini untuk merangkum semua pertanyaan Mommies yang masuk dalam DM dan email aku ya, semoga bisa menjadi alternatif dalam pilihan Mommies 🙂

Sebelumnya saya telah posting kenapa saya memilih daycare sebagai alternatif buat Clemira, disitu saya juga sudah jelaskan tentang pembelajaran Montessori. Sebagai informasi, saya memilih Daycare “Little Bee Montessori” untuk Cle sejak usianya 4 bulan hingga 3 tahun. Kenapa memilih Littlebee, apa istimewanya, bagaimana sistem pengajarannya, berapa biayanya dan bagaimana hasilnya, pertanyaan ini yang biasa ditanyakan dan akan saya explain disini ya moms.

Sebagai orangtua pastinya kita mau anak kita mendapatkan tempat terbaik, disini posisinya adalah saya sebagai karyawan dan seorang ibu, which is kegiatan weekdays saya habiskan dikantor dan sisanya di rumah. Jujur kalo ada yang nanya kenapa bisa pilih daycare Littlebee saya juga bingung. Jadi ketika itu saya dapat info dari salah satu teman kerja dikantor saya yang lama, kalo anaknya di daycare ini dan anaknya pada saat itu sudah berusia 2 tahun. Alhasil saya tanya lebih lanjut dan saya pun langsung menghubungi ownernya yaitu Ibu Bernadeth, dan kami biasa panggil bu Deth. Sebenarnya Little Bee ini adalah daycare terakhir yang saya kunjungi.

Singkat cerita ya moms, waktu usia kandungan saya 8 bulanan, saya sudah pernah survey di beberapa daycare daerah Jakarta selatan dan Pusat, kenapa di kedua wilayah ini? karena saya tinggal dan kerja di Jakarta selatan, lalu alternatifnya pada saat itu adalah, posisi Cle mesti dekat kantor supaya memudahkan saya mengontrol sekaligus bila ada kebutuhannya yang kurang saya ngga mesti wasting time untuk ke daycarenya. Jadi total saya keliling daycare sampe akhirnya jatuh hati ke Little Bee itu adalah 6 kali dan Little Bee last option saya pada saat itu.

Jadi percaya ngga percaya pada saat itu saya langsung bawa Cle untuk liat bagaimana responnya setelah masuk lingkungan LB, well, saya kayak pengen nangis mom, karena Cle langsung anteng, dia di ayun oleh salah satu Miss yang ada disana, sembari saya bertanya segala sesuatunya jika kita ingin masuk LB. Disitu perasaan saya yang berkecamuk dan dillema akan daycare seolah sirna karena LB seperti miracle buat saya dan Cle. Esoknya saya ajak Cle Trial, nah enaknya di LB mom kalo mau coba liat sikon anak, disini mommies bisa free trial 1 hari jadi bisa dilihat apakah anak merasa comfort baru mommies bisa memutuskan bisa join main dan belajar sama kayak anak-anak lainnya ya moms.

Keunggulan LB : LB terletak di area perumahan yang aman dan tidak jauh dari pusat perkantoran, selain itu di area ini jarang sekali mobil/motor berlalu lalang jadi anak-anakpun bisa bermain di area outdoor. Mereka juga menjalankan pengajaran montessori jadi untuk mommies yang memang sangat aware dengan montessori cocok banget nih. LB juga dilengkapi CCTV disegala penjuru ruangan dan orangtua diberikan akses untuk bisa melihat langsung. Jujur saya pun tenang ketika dapat melihat Cle secara online, karena ini penting loh mom, bayangin kalo ngga ada CCTV apalagi buat mommies yang meninggalkan si kecil dari usia bayi, setidaknya positifnya kita bisa melihat perkembangan anak-anak walaupun hanya bisa dimonitor dari kamera HP masing-masing orang tua. Kebersihan, nah hal ini penting karena pertama kali saya masuk ke LB dengan suasana yang hommy, tenang dan bersih itu sudah masuk nilai plus. Terakhir program belajar. Kalo buat saya moms, LB sudah cukup masuk kriteria daycare sekaligus sekolah yang baik dan terstruktur buat anak-anak karena mereka punya schdule sistematis yang baik. Ok saya akan jelaskan ini yah.

Program Belajar

Moms, LB memiliki ruangan yang terpisah untuk bermain, belajar dan tidur. Mereka memiliki dapur sendiri dan ruang makan sendiri. Untuk ruangan tidur Anak-anak juga dibagi berdasarkan kategori (baby, toddler atau preschool) jadi mereka ngga akan kecampur dengan kakak-kakaknya yang lebih besar. Sementara untuk waktu belajar, waktunya makan, dan waktunya bermain, dipastikan tidak akan bercampur dengan yang lain namun untuk jam tidur siang (istirahat) rata-rata mereka sama ya mom di jam 12 siang setelah mandi/ bersih-bersih.

Biasanya setelah anak-anak sampai LB, kami orangtuanya akan menemani mereka sarapan atau bisa dibantu oleh Miss y mom, lalu dilanjutkan dengan kegiatan montessori yang telah ditetapkan setiap bulannya. Oh yah moms, biasanya setiap memasuki awal bulan Bu Deth akan aktif mengirimkan program bulanan serta menu makanan anak dari semua kategori melalui email. Tak hanya itu saja, setelah jam sekolah foto kegiatan anak-anak selama sehari akan dikirimkan paralel melalui Google Drive, jadi kayaknya ngga ada waktu kita yang kelewat untuk monitoring progress anak kan moms. Nah untuk jadwal belajar daily, weekly dan monthly pasti berubah-ubah ya moms. Selain itu di LB juga memiliki Material montessori yang lengkap, satu minggu sekali anak-anak akan bermain di taman, akan ada field trip, kunjungan dokter anak, serta laporan rutin tiap harinya yang bisa kita pantau melalui apilikasi masing-masing orangtua. Selain itu juga di LB ada program vaksin pemerintah dan pemberian vitamin A loh mom jadi ngga perlu khawatir dengan perkembangan anak-anak sih.

Biaya dan Jam Masuk

Beberapa mommies banyak yang bertanya untuk berapa kocek yang harus dikeluarkan untuk bisa masuk LB? Kalo untuk masalah harga, mommies bisa langsung contact ke ownernya Bu Deth. Sebagai informasi biaya dibagi perbulan dan harian berdasarkan kategori ya moms (baby, toddler dan preschool), selain itu ada admin fee untuk pertama kali masuk. Namun jika mommies pulang telat dan otomatis akan overtime ya mom ini akan dikenakan biaya perjamnya. Untuk jam masuk ini bisa dipilih sebelum anak-anak masuk LB, biasanya akan waktu daycare mengikut office hour kita moms, nah Cle saya ambil dimulai pukul 7.30 sampai jam 17.00. Oh yah selain itu jika mommies ngga sempat memandikan anak-anak di pagi hari, LB juga siap untuk memandikan mereka namun ini akan dikenakan biaya tambahan ya moms.

Pengalaman

Selama 3 tahun di LB banyak sekali pengalaman, manfaat, suka dan duka selama Cle sekolah disana. Jujur sebagai working mom daycare itu sangat membantu apalagi mommies memilihkan daycare yang terbaik buat anak. LB benar-benar sangat support kita sebagai working moms. Saya alhamdulilah working moms yang full meng-ASI-hi tanpa support system, hanya karena trust in myself dan dibantu dengan support mommies semua di LB jadi ada trigger saya untuk ngga berhenti memberikan Cle ASI sampai 2 tahun. Kekeluargaan yang diciptakan LB sangat begitu erat, apalagi jika parents meeting dilakukan, terkadang momment-moment berkumpul, sharing, liat anak-anak perform itu yang kita rindukan. Parents yang ada di LB sangat friendly, koorperatif dan ramah, jadi kita pun ngga sungkan untuk saling bertukar pikiran.

Untuk perkembangan Cle pun alhamdulilah dia menjadi anak yang aktif, berani dan mandiri. Cle termasuk anak yang cepat dalam proses perkembangannya, dan saya menyaksikan sendiri selain saya yang menstimulus langsung perkembangan Cle, namun jika tidak ada campur tangan Miss dan teacher LB, Cle mungkin perkembangannya biasa saja, namun di umur 6 bulan Cle sudah tegak untuk duduk serta belajar merangkak, dan alhamdulilan di usia 12 bulan sudah tegak untuk berjalan. Stimulus yang sering diberikan di LB inilah yang mendorong perkembangan anak-anak dengan cepat.

Cle adalah tipikal anak yang suka belajar dan selalu ingin tahu, jadi dia ngga akan takut untuk memulai sesuatu hal, bahkan sangat berani kepada orang lain. (ini persis emaknya sih yang ngga takut orang*) Bahkan saya suka takjub ketika tiap kali menjemput Cle pulang sekolah dia akan mengeluarkan kata-kata baru. Komunikasi yang diterapkan antara teacher dan anak-anak sangat baik di LB, apalagi ketika anak-anak sakit, LB selalu gercep dan siaga untuk contact kita dan memberi tau apa yang terjadi dengan mereka. Oh ya mom LB juga menyediakan kotak obat ya, jadi seketika anak kita demam/sakit dan tidak membawa obat bisa memakai dari LB dahulu untuk pertolongan pertama.

Tapi mom memilih daycare tetap kembali ke pilihan masing-masing orangtua ya, selain me-review daycare dari blog/membaca di forum ada baiknya survey secara langsung untuk melihat kondisi secara langsung, saya punya pengalaman mom, jadi pernah datang kesalah satu daycare, harganya lumayan masuk kantong, review dari beberapa forum bagus, namun ketikan trial selama 3 hari, Cle itu selalu nangis dan nangis, ngga mau minum susu bahkan ngamuk dan ngga bisa tenang tidur. Saya bertanya kembali dan mungkin suasana yang diciptakan oleh daycare tersebut tidak nyaman, dan caretaker disana juga tidak friendly yang membuat hati Cle pun ngga senang disana, dan ketika sampai LB alhamdulilah Cle bertahan lama. Terimakasih LB sudah menjadikan Cle orang baik, pintar bersosialisasi, mencoba hal-hal baru, menjadi saksi perjalanan saya dalam menjaga dan mengurus Cle seorang diri. Jadi kalo ditanya recommended ngga LB, yes dong. Saya akan memberikan Rating ★★★★★/5 untuk tingkat satisfied :)~

Alamat : LittleBee Montessori School & Daycare
Jl. Bromo 19, Kuningan, Jakarta Selatan
Jl. Lawu 7A, Kuningan, Jakarta Selatan

back to top