Kenali Sistem Transportasi Umum di Korea Selatan ~ Part 2

0
592

Hello Mommies, ini adalah lanjutan dari part sebelumnya ya, yang kali ini ialah mengenalkan mommies kepada transportasi umum selama berada di Korea Selatan – Seoul dan sekitarnya. Apa saja macam transportasi disana, sebenarnya transportasi Korsel hampir sama di beberapa negara. Ngga lucu kan pas mommies dan keluarga sudah sampe di Korea, eh bingung dan wara wiri untuk mencari transportasi apa yang benar untuk sampai ke-tujuan yang kamu tuju. Ngga perlu bingung moms, karena pada kenyatanya sistem transportasi umum di Korea Selatan sangatlah mudah untuk dipahami. Intinya bisa membaca peta.

Mungkin banyak orang yang ragu atau takut untuk berkunjung ke negara yang notabene bukan negara yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Nah jujur awal mula saya menginjakkan kaki ke Korea, jujur saya ngga bisa bahasa Korea, hanya bermodalkan mendengar dan menghafalkan kata per kata dari cuplikan drakor yang setiap saat saya tonton sejak di bangku SD hahaha…Nah, awalnya takut, intinya takut dikibulin setelah sampai disana, ternyata saya sampe nyengir, dugaan dan ketakutan saya lenyap karena Koreal ngga setakut yang saya bayangkan. Negara ini memiliki fasilitas, budaya, masyarakat yang sangat friendly. Di setiap sudut kota atau wilayah pasti ada yang namanya Tourism Information – ini seperti pos kecil yang letaknya di sudut-sudut jalan besar wilayah Seoul, tetapi ini juga terdapat di luar wilayah Seoul kok, jadi jangan khawatir.

Tourism Information ini dijaga oleh 1 orang petugas secara bergantian, biasanya selain mereka bisa bahasa Korea, mereka juga mampu sedikit bahasa Inggris dan Mandarin. Di dalam pos ini juga tersedia brosur map, objek wisata dan perihal promo-promo wisatanya.. Kalo kamu kesulitan untuk membaca peta yang terdiri dari 2 bahasa, hangul&inggris, kamu cukup bertanya kepada petugasnya langsung dan mereka akan menjelaskan sampai kamu benar-benar paham. Di beberapa stasiun subway pun tersedia kantor informasi seperti ini ya moms. Tetapi jika mommies untuk jaga-jaga diri, boleh menghafalkan tulisan hangul vocal dan konsonan. Biar kita ngga keder pas baca sesuatu sih mom, hehe. Ok kalau kamu sudah penasaran dengan apa saja pilihan transportasi di Korea yang tersedia untuk publik, maka kita let’s go untuk melanjutkan apa saja jenis transportasinya. Semoga akan sangat berguna kalau mommies mau liburan ke Korea Selatan ya ^-^

T-MONEY

Sebelum menaiki transportasi di Korea Selatan, jangan lupa untuk membeli (T-MONEY). Ibaratnya ini kartu ajaib/multifungsi yang menjadi kartu transportasi eksklusif untuk turis internasional di area metropolitan Seoul dan area Pulau Jeju. Kartu ini menawarkan 20 perjalanan setiap periode satu hari. Saldo tambahan dapat diisi di Convenience Stores terdekat ex. seven eleven, GS-25, emart 24/stasiun subway langsung. Untuk GS25 kalian bisa langsung Membeli Kartu T-Money dan Top Up Saldo namun untuk 7-Eleven hanya bisa untuk membeli kartu T-Money nya saja dan Top Up nya harus di Vending Machine. Harga T Money ini adalah 4000 won namun belum termasuk dengan isi ulangnya yah, biasanya saya akan mengisi 10.000 won untuk isian pertama atau kamu juga bisa membelinya langsung melalui situs resminya yah.

Selain berguna untuk dapat menaiki semua moda transportasi disana, T Money juga bermanfaat untuk dapat menikmati lebih dari 170 tempat wisata, bioskop, restoran, toko dll ya moms. Untuk Top-Up Saldo, mommies bisa mengisinya melalui convenience store yang saya sebutkan diatas, bisa melalui vending machine dan bisa juga melalui pos-pos di setiap stasiun. Nah jika mommies sudah ingin balik ke Indonesia, mommies bisa me-refund semua saldo di dalam T-Money tersebut dengan cara :

*Jika Sisa Saldo di bawah 20.000 Won, kalian bisa me-refund nya di Convenience Store seperti 7-Eleven, GS25, dll. Namun, dengan membayar biaya servis sebesar 500 Won (Cash). *Jika Sisa Saldo di atas dari 20.000 Won, kalian harus me-refund nya di T-Money Headquarter, lokasi nya tepat di Luar dari Exit 8, Seoul Station. Buat mommies yang nanya apakah ada batas expired kartu tersebut, jawabannya adalah
Tidak, T-Money Tidak Pernah Expired atau Kadaluarsa, kecuali jika Rusak, Patah, Terbakar atau Hilang, jadi kalian harus beli lagi. Namun jika tidak ada permasalahan tersebut, T-Money bisa kalian Top Up lagi pada kunjungan ke Korea Selatan kembali. Disini saya sudah membuktikannya ketika berkunjung di tahun berikutnya kartu saya masih tetap aktif moms. Nah mommies bisa cek di web mereka sebagai panduan lengkapnya ya

1.Airport Railroad Express (AREX)

Setiba kamu di Incheon Airport, ada beberapa alternatif buat kamu untuk bisa sampai di hotel /guesthouse yang telah kalian booked, yaitu salah satunya dengan menggunakan transportasi ini. Kereta AREX mengoperasikan dua jenis kereta: Kereta yang beroperasi di Bandara Internasional Incheon Terminal 1 dan Terminal 2 yang berjalan tanpa henti, dan kereta yang berhenti di 13 stasiun sepanjang perjalanan dari Bandara Internasional Incheon Terminal 2 menuju Stasiun Seoul. Tarif yang dikenakan Kereta Ekspres: Dewasa 9.000 won / Anak-anak 7.000 won dan untuk Kereta All-Stop: Dewasa 4.150 won. Ada baiknya sebelum sampai tujuan kamu bisa riset dulu atau membaca panduan informasi melalui website officialnya langsung. Untuk alternatif kedua adalah Bus Bandara, dimana Bus bandara ini beroperasi dari Bandara Internasional Incheon menuju sebagian besar area di Seoul. Tiket pun dapat dibeli di stand tiket luar area kedatangan IF pada tiap terminal y moms. Yang perlu diperhatikan pula adalah ada dua jenis bus bandara yaitu deluxe dan standar. Bus deluxe beroperasi tanpa henti atau dengan kuota pemberhentian yang lebih sedikit. Karena bus ini memiliki pemberhentian yang lebih sedikit, kamu bisa mencapai tujuan dengan waktu yang lebih singkat sekaligus mendapatkan kursi nyaman dengan tempat yang lebih luas. Bus standar cenderung lebih padat, dengan kursi yang lebih sempit dan waktu tempuh yang lebih lama. Mohon perhatikan bahwa harga dari kedua jenis bus tersebut dapat berbeda tergantung rute dan destinasi yang diambil.

2.Kereta Bawah Tanah (Subway)

Jaringan sistem kereta bawah tanah di Korea Selatan menurut saya termasuk salah satu yang paling canggih di dunia. Ada lebih dari 100 pemberhentian dan juga banyak rute yang tersedia ke banyak tempat di hampir seluruh penjuru kota di Korea. Kereta bawah tanah di Korea merupakan transportasi yang bukan hanya nyaman, namun juga transportasi favorit warga Korea maupun wisatawan internasional. Mommies juga ngga perlu lihat translator jika ingin bepergian, karena tujuan atau map tertera dengan 2 bahasa yaitu Korea & Inggris.

Jujur ya moms, saya sangat amat comfort untuk bisa naik subway dan ini favorit saya selama disana, walaupun perlu mutar otak buat nyari stasiun terus nyambung stasiun berikutnya. Jangan lupa ya moms jalur subway ini memiliki kode warna berbeda pada setiap jalurnya, hal ini bertujuan untuk memudahkan serta memberi kenyamanan kepada penumpang. Pastinya setiap pemberhentian akan ada announce yang dengan jelas kita dengar. Untuk dapat mengakses rute/jalur subway mommies bisa mengeceknya di Seoul Metro.

Saran : Perhatikan pintu yang akan terbuka, selain itu antri lah sebelum masuk subway dengan memanjang dan dahulukan orang yang turun/ keluar sebelum kita masuk.

3.Bus

Transportasi ini mungkin umum bagi semua orang. Kalo mommies suka nonton drakor pasti rindu untuk duduk sendirian di dalam bus sambil pasang earphone, dengerin musik dan tiba-tiba oppa ganteng muncul, hehe. Nah cara yang paling populer dan ekonomis kedua selain subway untuk menuju suatu wilayah ke wilayah lainnya adalah dengan menggunakan bus. Bus ekspres dan bus antarkota memiliki jaringan yang luas di seluruh negeri, bus mampu menyediakan transportasi dari satu kota ke kota lain dengan harga terjangkau. Selain memiliki ketepatan waktu keberangkatan maupun waktu tiba di lokasi tujuan, bus-bus tersebut mendapatkan perawatan agar selalu memberikan kenyamanan kepada penumpang. Jika kamu ingin pergi ke kota lain dari Seoul, kamu bisa datang ke Seoul Express Bus Terminal dan Central City Terminal yang menyediakan banyak sekali pilihan rute ke kota-kota lain di Korea Selatan.

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan saat ingin menaiki bis umum di Korea adalah nomor bis serta nomor halte bis yang akan kamu lalui. Ya, setiap halte bis memiliki nomor halte yang berbeda-beda. Nomor halte inilah yang akan menentukan di mana kamu harus menunggu bis yang akan gunakan. Perlu diketahui bahwa beberapa halte bis memiliki nama yang sama. Untuk memastikannya, nomor halte bisa dilihat pada papan petunjuk rute yang tersedia di setiap halte.

Saran : Sebelum naik bus umum, pastikan T-Money milikmu memiliki saldo yang cukup. Untuk sekali perjalanan, biaya bis yang akan dikeluarkan berkisar 1,200 won atau sekitar Rp 16,200. Saat berada di dalam bis, ada aturan tertentu yang harus kamu ikuti. Ada dua pintu yang akan terbuka saat bis berhenti di halte, pintu masuk berada di depan (dekat supir) sedangkan pintu keluar terletak di tengah. Jangan lupa untuk selalu tap T-Money saat masuk dan keluar bus. Jika ingin berhenti di halte yang mungkin tidak dilewati oleh bis, maka kamu bisa menekan tombol stop sebagai tanda bahwa ada penumpang yang ingin turun. Etika saat berada di dalam bis juga tak boleh kamu abaikan. Saat ada lansia atau ibu membawa anak, maka kamu harus menyerahkan kursi penumpang pada mereka.

4. Taksi

Taksi disana begitu nyaman digunakan bagi pengunjung internasional karena banyaknya pengemudi taksi yang mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Taksi di Korea dapat dijumpai di beberapa stan taksi area kota besar atau dapat langsung dijumpai di jalan-jalan. Terdapat pula akses panggilan taksi yang dapat kamu lakukan melalui telepon. Namun, taksi panggilan ini memiliki tarif di atas rata-rata dibandingkan taksi yang lalu lalang di jalan.

Tarif dasar setiap taksi akan bervariasi di setiap daerah, namun semua taksi menggunakan tarif kalkulasi yang sama terkait perhitungan waktu dan jarak. Sebagian besar taksi di wilayah Seoul menerima pembayaran dengan kartu kredit maupun dengan kartu transportasi, namun beberapa jenis taksi di wilayah terpencil hanya menerima pembayaran dengan uang tunai. Ingat dan selalu bawa uang tunai dalam pecahan won jika ingin menggunakan taksi di beberapa wilayah Korea. Untuk dapat mendapatkan informasi lengkap lainnya mommies bisa membcanya di situs resminya ya.

5. KTX ( Korea Train Express)

Ini adalah moda transportasi umum lainnya. Biasanya saya menaiki ini ketika berkunjung ke Nami Island, karena Nami berada di kota luar Seoul. Nah sebelum menaiki kereta canggih ini, sebaiknya mommies membeli Korail Pass terlebih dahulu untuk lebih memudahkan perjalanan. Bila mommies mau mengunjungi Busan bisa naik KTX (Korea Train Express) ini. KTX menghubungkan Seoul dengan Busan. Perjalanan tersebut bisa kamu tempuh hanya dalam waktu kurang dari tiga jam saja. Untuk Tiket kereta kereta ini bisa kamu beli online melalui situs KORAIL. Selain itu mommies bisa beli tiket kereta tersebut di stasiun. Namun sebaiknya kamu membelinya dari jauh hari, jika jadwal liburan mommies dan keluarga ingin mengunjungi wilayah diluar Korea Selatan yang jatuh pada musim liburan.

“5 Aplikasi yang wajib di Unduh selama di Korea”

1.Kakao Talk : Ini adalah aplikasi semacam Whatsapp. Hampir semua orang Korea memiliki Kakaotalk. Saya mengunduhnya karena untuk berinterksi dan berkomunikasi dengan teman-teman saya disana. Jadi ini berguna ketika saya menghubungi mereka.

2.Naver Dictionary : Aplikasi ini semacam Google Translate, tapi lebih baik dalam pemilihan kata-katanya ya moms 🙂 Ini membantu untuk kita menghindari kesalahpahaman yang mungkin terjadi karena salah komunikasi. Naver juga tersedia dalam bentuk audio, jadi pengguna bisa mempraktekkan pengucapan. 

3.Subway Korea : Nah ini aplikasi penting dan ngga boleh ketinggalan ya mom :). Untuk yang baru pertama kali download memang sangat rumit untuk membacanya, namun jika sudah dipelajari ini sangat bermanfaat. Aplikasi ini menyediakan informasi untuk semua sistem utama subway Korea dalam bahasa Inggris dan Korea dan akan membantu mencapai tempat tujuan dengan waktu sesingkat mungkin. 

4. Kakao Bus : Nah buat mommies udah khatam membaca map kereta, dan mau coba menaiki bus, jangan lupa untuk mendownload ini ya mom supaya tidak ketinggalan Bus/salah naik bus. Perhatikan dengan seksama ya:)

5.Klook : Wah kalo aplikasi ini adalah aplikasi terwajib jika saya traveling. Di Klook kamu dapat membeli tiket wisata atau transportasi saat di Korea. Saya pribadi banyak membeli beberapa kebutuhan transportasi dan wisata lewat aplikasi yang satu ini, seperti tiket Arex (kereta cepat) dan juga tempat wisata ke Namsan Tower. Cara pembeliannya kini juga semakin mudah karena sudah bisa melalui bank transfer. Ada banyak pilihan wisata lainnya di Korea yang bisa Anda lihat. Soal harga juga tidak perlu bingung, sebab ada banyak diskon yang diberikan oleh Klook. Pokoknya aplikasi ini de best ya moms 🙂

Sebenarnya moda transportasi umum lainnya masih ada, hanya untuk sebagian turis lebih memilih moda transportasi yang umum digunakan oleh masyarakat Seoul. Selain itu utuk dapat mengetahui apa saja yang ada di Seoul, mommies bisa kunjungi website KTO ya. Nah selesai ini saya akan membahas hal lain yang menarik dari Negeri Ginseng ini. Buat kamu yang ingin request tulisan apapun yang ingin saya tulis, bisa email, DM atau comment di tulisan saya ini ya~~~~~~~ 고맙습니다

back to top