(Persiapan) Liburan Ke Korea Selatan ~ Part 1

0
730

Annyeonghasseyo!! pasti kalian sudah ngga sabar buat traveling yah, sama saya pun demikian. Apalagi pas muncul Pandemic COVID_19 yang entah kapan berakhir. Jadi saya buat tulisan ini bukan berarti karena saya baru saja pulang dari Korea atau persiapan ke Korea, namun saya buat ini untuk sekedar sharing ke mommies mengenai pengalaman saya ketika berkunjung ke Negeri Ginseng tersebut.. Ketika saya mengunjungi Korsel bisa dibilang karena sekedar liburan dan memang ada beberapa kepentingan yang saya mesti stay disana. Oke kali ini meskipun kita belum bisa traveling karena worry masalah virus, tapi ngga ada salahnya untuk simak detail per detail cerita saya mengenai jalan-jalan ke korea. Kali ini saya bakal bagi beberapa part ya moms, so stay tuned in here!!

Untuk yang hobi nonton konser atau k-drama pasti Korea Selatan, Seoul, Busan, Daegu atau wilayah lainnya saya rasa pasti udah pada kenal, karena wilayah korea/objek wisata disana sering dijadikan lokasi syuting untuk film/drama. Ok saya akan membahas bagaimana persiapan kita untuk ke ibukota Korea Selatan ini yaitu Seoul. Kenapa saya membahas Seoul saja, karena jujur di ibukotanya saja kita ngga akan bisa habisin jalan-jalan hanya dalam waktu 1 atau 2 minggu, karna banyak spot wisata dan tempat makanan yang memang patut dicoba. Oh yah saya bercerita untuk travelingan sendiri alias backpakeran ya mom, tidak mengikutsertakan dengan anak. Hehe tapi insha allah next trip bakal ajak Cle sih. Ok banyak yang tanya ke saya dari dulu beberapa hal ex. “kalo mau ke Korea mesti ngapain dulu sih pertama kali, apa aja yang dibawa, bagusya kemana aja, punya contoh itinerary (schdule kunjungan) ngga?” well kita bahan satu per satu ya moms..

Things Need to be Prepared

I.TIKET PESAWAT

Biasanya pengalaman saya paling awal adalah, saya akan hunting kemudian membeli tiket pesawat yang ekonomis namun berkualitas jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Apalagi buat mommies yang doyan promo dan berburu ke travel fair, diskonnya guede kan banget walaupun antri ya. Berdasarkan pengalaman, saya akan berburu tiket biasanya 6-10 bulan sebelum keberangkatan, bahkan setahun pun pernah loh, niat kan. hahaha kok lama? yes karena makin lama keberangkatan, kesempatan buat preparation kita tentunya lebih matang dan promo yang diberikan bakal lebih besar daripada membeli tiket on the spot. Ada banyak maskapai penerbangan yang menawarkan berbagai macam promo sesuai dengan season-nya, namun ini semua tergantung kantong ya moms.

Serta ada juga beberapa maskapai yang low cost seperti Airasia, Jetstar Airways, atau Scoot. Namun moms, perlu diperhatikan bahwa pesawat low cost Airasia memiliki 2 varian penerbangan yaitu direct langsung ke Seoul dan transit di satu atau dua negara. Nah ini juga pengaruh di cost ya. Biasanya yang direct, costnya lebih tinggi dibandingkan yang transit dan maskapai ini biasanya maskapai besar seperti Garuda, Korean Air, atau maskapai besar lainnya. Atau pilihan lain mommies bisa lihat beberapa promo di aplikasi travel online seperti skyscanner, traveloka, atau tiket.com. Menurut saya, ngga ada salahnya sih buat mommies untuk memilih transit, karena selain low budget, kita juga bisa mampir dan menikmati pemandangan di negara orang walaupun hanya dari airport ya. Disini saya sudah pernah merasakan transit dan no transit, kebetulan yang transit saya hanya menunggu sekitar 2 jam di Kuala Lumpur Airport (KLIA) kemudian menunggu kembali untuk rute penerbangan selanjutnya menuju Seoul. Perlu diingat bahwa normalnya perjalanan dari Jakarta – Seoul menempuh jarak kurang lebih 7-8 jam ya mom.

Saran : Jika memilih alternatif transit -> Untuk transit pertama (KL,Singapore,Thailand/Filipina), kamu bisa memilih waktu di malam hari/ dini hari. Karena ketika kita sampai di transit pertama, kita masih memiliki waktu untuk makan malam atau jalan-jalan diarea bandara tersebut. Setelah kita kembali flight ke last destination, otomatis kita bisa tidur nyenyak di pesawat dan tiba pada pagi harinya atau di siang hari di Seoul. Saya selalu memilih alternatif tersebut supaya saya juga ngga keder untuk melihat peta tujuan misalkan, bus untuk menuju hotel atau mencari lokasi hotel/guesthouse kita. Untuk harga biasanya transit jauh lebih murah dibandingkan direct ya moms, karena penerbangan dari CGK-KL pasti murah banget. Dan untuk airsia rute transitnya biasanya di KLIA lalu menuju bandara Incheon ya.

II.VISA

Untuk pengurusan visa, moms semua pastikan sudah memiliki paspor yang masih berlaku yah untuk 6 bulan kedepan. Untuk mengurus visa Korsel sebenarnya cukup mudah dan ngga terlalu ribet seperti visa europe. Pada intinya selama kita memenuhi persyaratan yang diberikan yaitu kelengkapan BERKAS, visa otomatis akan diterima. Informasinya sudah sangat lengkap dengan buka web kedutaan Korea di Indonesia dan disana akan diarahkan ke persyaratan yang mesti mommies penuhi yang diantaranya perlu mengisi form seperti contoh terlampir.

Perlu diketahui ada 3 macam visa yang bisa mommies pilih namun ini pun berdasarkan kepentingan kita selama tinggal di Korsel diantaranya : Visa MULTIPLE ENTRY ialah visa yang sangat fleksibel karena selama masa berlakunya dapat digunakan untuk masuk ke Korea tanpa ada batasan jumlah kunjungan. Visa ini berlaku selama 5 tahun dengan masa izin tinggal selama 30 hari untuk setiap kunjungan. Namun, bagi pemohon yang memenuhi persyaratan tertentu dapat diterbitkan visa multiple entry dengan masa berlaku selama 10 tahun. Visa JANGKA PENDEK :  Visa yang dapat digunakan untuk masuk dan tinggal di Korea dengan jangka waktu lama kunjungan (maksimum 90 hari) dan berlaku selama 3 bulan dengan masa izin tinggal selama 30 hari. Visa ini biasanya dipakai buat traveler, group wisat, kunjungan wisata atau bahkan rotasi pelaut. Visa JANGKA PANJANG : jenis visa yang setelah masuk ke Korea memungkinkan untuk dapat tinggal lebih dari 90 hari. Namun, setelah masuk ke Korea harus melakukan prosedur terkait dengan pendaftaran orang asing. Biasanya visa ini diberikan untuk orang-orang yang ingin melanjutkan studi ke Korsel, Pelatihan, Peliputan atau bahkan untuk para Imigran dan terakhir Visa Diplomati/Dinas : Visa yang diperuntukkan untuk Utusan misi diplomatik atau anggota institusi konsular pemerintah negara asing beserta dengan keluarganya serta harus melampirkan paspor diplomatik. Mommies, untuk harga visa boleh dicek di web khusus mengurus visa Korsel, setiap visa memiliki harga yang berbeda ya, dan berikut summary harganya.

III.PILIH HOTEL/GUESTHOUSE

Oke untuk masalah akomodasi penginapan ini saya tipikal yang sangat picky. Jujur saya sudah pernah merasakah tinggal di Hotel, Guesthouse, apartment bahkan di rumah teman saya di Itaewon saat itu. Ok mari kita bahas!. Jadi untuk memilih penginapan biasanya saya search setelah membel tiket pesawat. Jika kamu traveling sebagai backpacker suggestnya kamu memilih guesthouse di wilayah Seoul. Jujur banyak banget penginapan disana, tergantung budget kamu masuk hitungannya mereka atau ngga. Jika kamu ingin tempat yang bagus, breakfast disediakan fasilitas banyak dan privacy kamu bisa memilih hotel selama liburan, namun jika kamu mau share/kenal dengan teman-teman/turis dari berbagai negara kamu bisa memilih guesthouse dormitory, dengan fasilitas sharing kamar mandi dan dapur. Untuk guesthouse banyak ragamnya sesuai klasifikasi. Misalkan saja kamu memilih di daerah-daerah pusat kota yang memang ngga pernah sepi dengan hilir mudik anak muda atau anak kuliahan, kamu bisa memilih penginapan di kawasan Hongdae . Disini kamu bisa menemukan banyak street performance, mulai dari dance cover sampai penyanyi jalanan. Ada banyak kafe dan tempat makan yang bisa kamu tuju dengan harga yang masih terjangkau di kantong backpacker, meski untuk street food tak terlalu banyak.

Atau kamu yang hobi belanja murah dan mencicipi makanan streetfood nah kamu bisa memilih penginapan di daerah Myeong Dong. Saya jamin super bahagia menginap di kawasan Myeong Dong, karena di sini terkenal dengan tempat belanja dan street food-nya serta ada gereja besar dikawasan ini yang sangat indah. Biasanya turis tumpah ruah di sana, sehingga tempatnya cukup padat. Dan rekomendasi kawasan terakhir dari saya daerah Itaewon. Bagi umat muslim disini kawasan yang mudah dijangkau untuk kita bisa beribadah di masjid, karena disini ada masjid besar dan banyak turis atau imigran muslim yang hidup dikawasan ini. Selain itu di Itaewon banyak makanan khas Indonesia, Malaysia, Turki, hingga India yang mayoritas halal. Itaewon juga jadi kawasan yang paling sering dituju turis luar negeri, karena beragamnya menu internasional.

Bagi kamu yang memilih traveling bareng teman atau keluarga lebih dari 3 orang, saya menyarankan untuk memilih apartment yang bisa dicari melalui situs Booking.com atau AirBnB. Nah disini mommies bisa memilih sesuai budget, fasilitas yang diinginkan serta rute yang ingin dituju. Saran saya pilih penginapan yang jalur dengan berbagai transportasinya dekat ya moms, Ngga mau kan kita capek jalan jauh buat cari jalur MRT atau halte Bus. Soalnya kalo naik Taksi biayanya lumayan mahal loh mom. Untuk transportasi di Korea bisa lihat di next postingan Part 2 yah 🙂

IV.SIAPKAN UANG TUNAI (KRW)

Ini yang paling penting ya moms, kita mesti bawa uang tunai secukupnya saat berada di negara orang. Ok kalo mommies tipikal yang ngga suka bawa tunai dan mengandalkan kartu, namun buat kamu yang suka dengan makanan streetfood dan suka belanja di pinggiran mereka hanya menerima uang cash, kecuali kamu incar belanja dan makan di tempat bonafit ya moms seperti mall/ resto. Jadi kalo saya akan menukar uang 1 minggu sebelum keberangkatan, untuk jaga-jaga, takutnya pecahan uang kecil tidak tersedia. Money chancer incaran saya biasanya di VIP money changer dan Ayu Masagung Moneychanger. Lalu kalo kamu tiba-tiba kehabisan uang tunai selama disana, tenang moms kamu bisa tarik tunai melalui ATM yang berlogo visa, mastercard, dan cirrus.

V. BUAT ITINERARY

Perlu diingat moms, itinerary ini penting dan dibutuhkan terutama bisa menjadi dokumen pendukung saat pengajuan Visa, karena jika mommies siap dengan menyerahkan itinerary ini, bisa dibilang kamu dianggap siap ke Korsel dan memiliki tujuan selama disana, kesannya terencana mom. Nah kebiasaan saya adalah jika mau traveling apalagi keluar negeri pasti selalu bikin skema itinerary moms biar saya dan teman traveling saya tau arah tujuan kita kemana, dan ngga ngawang selama disana, yang paling utama bisa memanage waktu dengan baik, jadi ngga luntang lantung mom. Berikut contoh itinerary yang pernah saya buat sbb :

VI. KETAHUI MUSIM

Untuk berlibur kita mesti cermat dalam menentukan waktu keberangkatan dengan musim yang sedang berlangsung di Korea moms, ketahuilah bahwa Korea memilik 4 musim yang berbeda. Sebenarnya tergantung kamu dan keluarga kapan dan ingin menikmati musim apa ketika tiba di Korsel. Perlu diingat setiap musim memiliki khas dan keunikan masing-masing y moms :

*Musim Semi (Maret – Mei) : Musim semi merupakan peralihan dari musim dingin ke musim panas. Pada awal-awal musim udara masih terasa dingin, namun dipertengahan tahun akan ada pergantian suhu saat siang ke malam hari. Di siang hari masyarakat disana terasa panas jadi biasanya memakai cardigan semi tebal menuju malam hari akan memakai jaket tebal. Yang paling penting dimusim ini jika kamu beruntung akan melihat cherry blossom bermekaran, indahhhh banget 🙂

*Musim Panas (Juni – Agustus) : Musim ini hampir sama seperti Indonesia moms, jadi banyak yang ngga rekomen buat wisata di bulan-bulan ini dikarenakan panasnya bisa melebih 30 derajat, bisa-bisa kamu gonta ganti baju berulang kali ya moms.

*Musim Gugur (September – November) : Nah ini musim yang sangat amat sejuk buat berkunjung ke Korea, dan biasanya pohon-pohon berguguran daunnya, warnanya pun indah banget. Tetapi perlu mommies tahu, kalo daun atau bunga coklat yang berguguran tersebut hanya bertahan 3 minggu saja. Musim gugur juga identik dengan musim sendu, jadi klop kalo kamu bawa pasangan, kalo ngga nambah sendu mom 🙁

*Musim Dingin (Desember – Februari) : Nah saya menghabiskan 2x saat winter di Korea dulu, dan saat winter udaranya amat sangat dingin, jadi jika musim ini menjadi pilihan liburan kamu, jangan lupa persiapkan longjohn dan memakai jaket tebal ya moms, karena bisa sampai menusuk tulang. Saljunya pun hanya turun 4-5 kali dalam sebulan, jadi kita untung-untungan bisa bertemu salju ya.

Okay mom, selanjutnya saya akan masuk ke part 2 untuk traveling ke Korea. Jadi jangan lupa bila pandemic ini sudah berakhir persiapkan sematang mungkin ya moms bila kamu mulai berlibur kembali bersama keluarga, teman atau backpackeran~~~~~~~~~

back to top