List Barang Baby saat Traveling

0
687

Kenapa ngga? Jangan khawatir dulu moms, karena mungkin kebanyakan mommies worry kalo traveling bawa baby yang lagi aktif-aktifnya seperti anakku. Awalnya saya juga berpikiran sama seperti mommies, alhasil yaudah daripada saya ngga traveling, dan butek ama pekerjaan kantor, cuss kita let’s go saja..

Jadi mommies, sebenarnya, sama aja kok seperti orang dewasa pada umumnya untuk traveling ama anak, hanya bedanya yah pakaian mereka pasti extra, belum siapin makanannya, belum lagi anak yang masih pake pampers, dan banyak lagi kebutuhannya. Pengalaman saya kemarin waktu saya dan anak traveling ke Singapur, saya bawa satu koper kecil dan anak juga 1 koper kecil, karena kami disana ngga begitu lama hanya 5 harian, jadi ngga perlu bawa barang bawaan segudang.

Kalo saya sebelum traveling selalu me-list barang bawaan apa saja yang akan dibawa, nah kalo bawa anak itu barang yang paling krusial mesti mommies bawa diantaranya sbb :

Stroller

Wah ini mah wajib, dan kudu banget buat dibawa kalo saya yah, karena kebetulan Cle itu memang ngga terlalu suka digendong, dari kecil udah saya biasakan duduk distroller kemanapun kami pergi, nah repotnya Cle waktu kemarin traveling baru lancar jalan, makanya kalo udah berhenti dikit dia maunya jalan kesana-kemari, jadi yang bikin gempor maminya. Jangan lupa mommies kalo mau bawa stroller itu bawa yang cabin size yah, yang ngga lebih dari 7kg. Karena berdasarkan pengalaman kalo lebih dari 7kg, stroller akan diletakkan dibagasi bagian barang-barang lain hmm..ini kalo saya dengar dari cerita teman-teman, terkadang kita sudah sampai ditempat tujuan, dan strollernya pun masih ditempat lain. Saya sendiri agak worry kalo stroller ngga bisa masuk cabin, karena jarak dari pesawat menuju ke tempat  bagasi kan lumayan kan..

Earmuff

Bagi mommies yang anaknya belum 1 tahun, kayaknya wajib deh menurut saya pakai earmuff, walaupun ngga tau ngaruh atau ngga ya, Cuma bisa buat anak merasa nyaman aja. Cle waktu itu masih saya gunakan, nah karena anaknya emang pelor tambah pake earmuff yaudah makin comfort lah dia menikmati penerbangan dengan tidur pulasnya. Sedikit tips buat mommies, Saat lepas landas adalah momen yang cukup kritis buat bayi. Sebisa mungkin dia dalam posisi menyusu yah. Hal ini dilakukan agar telinga bayi tidak sakit dan ia lebih tenang dalam dekapan ibunya ketika pesawat lepas landas. Sebisa mungkin, tidurkan bayi saat pesawat mengudara. Jangan khawatir kalau bayimu menangis, cukup tenangkan dan kasih susu untuknya. Si ibu sebaiknya duduk di kursi dekat lorong untuk mempermudah proses evakuasi jika terjadi sesuatu.

Gendongan/Hipseat

Nah ini barang yang memang wajib saya bawa, which is Cuma ke minimarket depan rumah selalu saya bawa, apalagi traveling. Karena memang ngga semua anak suka di stroller, seengganya mommies punya pilihan lain buat bawa si baby yaitu dengan menggendongnya. Kalo saya merasa Hipseat yang paling nyaman, karena ngga pegel di pundak, dan Cle juga merasa masih bisa grasak grusuk buat liat pemandangan, apalagi barang ini berguna kalo memang stroller harus masuk dibagasi karena barang yang kita bawa overload. Ini saya alami waktu kemarin ke Singapore, huffttt itu sangat memberatkan, karena bandara Changi memang besar banget alhasil gempor gendong anak yang BB nya hampir 10 kg.

Cemilan Anak

Kalo yang ini sebenarnya opsional sih, kalo anak masih belum 6 bulan dan masih ASI Eksklisif sebenarnya mommies tenang, yang jadi riweh kalo traveling bawa anak, mereka udah mulai makan, mulai aktif dan ngga mau tidur di pesawat, yaudah coba dibawain cemilan kesukaannya, dan berusaha untuk kasih hal yang dia suka, misalkan aja mainan favorit atau nonton film dipesawat.

Obat-obatan

Pasti semua mommies pengen pas traveling no drama atau no action kan? Kalo udah namanya sakit itu kayaknya no compromise deh, tiba2 anak demam atau tiba-tiba anak batpil..yang pasti mommies mesti ready untuk obat-obatan yang biasa dikonsumsi. Kemarin waktu saya traveling ama Cle ke Singapore, ini kejadian. Pas sampai dibandara, Cle demam dan alhasil mesti bongkar koper sebelum checkin, langsung diminumin obat penurun demam tapi hati mommy mana yang ga worry kan buk ibu… Yaudah pasrah dan berdoa, alhasil sampai diatas pesawat Cle tidur sambil nenen yaudah sampai bandara dia seger. Tapi yang pasti buat mommies seengganya obat-obatan dan thermometer kayaknya kudu siap di tas yang mudah buat dibuka yah..

Nah ini adalah list saya moms, gimana ama mommies lain apakah ada yang lebih dahsyat persiapannya. Yang pasti setiap travelling usahakan anak memakai pakaian secomfort mungkin ya, apalagi diatas pesawat itu suhunya dingin, sebisa mungkin memakai jaket dan kaos kaki/sepatu yang membuatnya enak. Klo perlu mommies bisa sedia topi untuk menjaga kepala baby dari AC pesawat. Selain itu sebelum flight usahakan popok si kecil baru kita ganti ya moms, biar mereka ngga merasa risih dan ngga menyusahkan kita harus gonta ganti diaper diatas pesawat. Selebihnya mari kita berdoa masing-masing moms biar anak stay cool!!!

back to top