Berkunjung ke Singapura Bersama Baby

0
736

Duh..pas mau ngerencanain ke Singapore bawa Cle itu, susahh banget ngaturnya, kenapa? Karena saya concern banget ama tempat wisata yang sangat amat ramah kalo kita bawa anak. Yaudah alhasil dari banyaknya objek wisata akhirnya saya bikin list tempat mana aja yang memang harus kita singgahi untuk nikmatin pemandangan, plus foto dong ya moms.. minimal IG Story-lah ..

Kebetulan pas ke Singapore, saya ditemani oleh Adik cowok saya, yah seengganya agak rada-rada ringan lah moms buat yang bawa anak kan.. Untuk penerbangan, kebetulan saya memilih pesawat low budget karena tergiur ada promo, tapi karena bawa anak, saya memilih seat, karena apa? Bu ibuk tau sendiri kalo pesawat lowbudget seat-nya pasti mepet kayak lagi desak-desakan kayak dipasar kan, karena ini first time kami traveling jadi ngga apalah kalo ngeluarin sedikit biaya buat milih seat, dan kami memilih seat yang paling depan, which is kaki kami yang puanjang ngga ketekuk kayak lagi sujud..hahaha

Setelah menempuh perjalanan ±2 jam lamanya, akhirnya kami sampai di Changi Airport, setelah bagasi kami ambil, jangan lupa untuk langsung beli kartu perdana ya moms, karena di Changi memang ada wifi airport tapi harus ke loby informasi dulu untuk kita menanyakan passwordnya.

Cara mudah untuk moms bisa beli kartu perdana adalah moms bisa download aplikasi Klook (www.klook.com) dan moms bisa beli kartu perdana yang bisa dipakai sebebas mungkin. Harganya waktu akhir 2018 itu S$ 11 which is sekitar Rp 110.000,- dan ini sangat murah banget kan, jadi bisa dipakai buat mommies yang emang sangat doyan update status dimanapun dan kapanpun. Selain kartu perdana aku juga pake aplikasi ini buat masuk wahana Universal Studio Singapur moms, karena pas bandingin harga ternyata Klook jauh lebih miring harganya, yaudah mammi mana yang ngga seneng dapat diskonan kan ..

Setelah mommies udah bisa online, hal yang penting menurut saya itu adalah mommies mesti punya EZ Link, ini seperti kartu emoney buat naik bus atau MRT saat disana nanti. Untuk harga EZ Link adalah 12 SGD atau sekitar 130 ribuan. Nah mommies bisa beli kartu sakti ini di passenger office atau transit office. Letaknya pas kita keluar dari exit gate, ada didepan kita. Usahakan moms jangan malu buat bertanya yah, kalo saya memang selalu bertanya hehe daripada sok tahu kan sist…

Kartu Ezlink

  • Berlaku minimal 5 tahun
  • Biaya Perjalanan dihitung perjarak jadi lebih hemat
  • Tidak ada deposit, kartu jadi bisa hak milik
  • Bisa digunakan untuk naik buss, MRT dan bayar di supermarket dan menaiki Monorail Sentosa.

Kartu Singapore Tourist Pass (STP)

  • Berlaku hanya 5 hari
  • Pemakaian dihitung per hari
  • Tidak bisa dipakai untuk monorail ke Sentosa island
  • Tidak dipakai untuk payment supermarket
  • Rental deposit 10 SGD
  • Kartu harus direfund dalam waktu 5 hari atau deposit akan hangus.

Selanjutnya setelah drama pencarian kartu perdana dan ezlink kelar, lanjutlah drama pencarian apartment. Kalo saya prefer traveling dengan baby itu pasti nyari apartment karena apa? Pertama hotel di Singapore itu menurut saya relative agak mahal yah, padahal ukuran kamarnya kecil banget, jadilah saya dan adik pilih buat sewa apartment yang sudah lengkap dengan kitchen dan 2 ruang tidur, jadi Cle bisa lari sambil jumpalitan kesana kemari kan. Apalagi lengkap dengan fasilitas swimming pool dan harganya bahkan sama dengan harga hotel, hanya yang membedakan memang kita breakfast sendiri dong moms. Oh yah klo bisa cari penginapan yang berada di jalur hijau, karena jalur tersebut jalur central dan gampang buat kemana-mana. Untungnya saya dapat apartment yang menurut kami sangat worth it, bagus, pemiliknya ramah dan bahkan dekat dengan jalur MRT “Aljunied”.

Sebenarnya yang Namanya traveling, mommies harus pintar mencari tempat wisata dan terutama menyesuaikan cuaca yang berada di negara tersebut. Jujur waktu ke Singapore saya minus disini dan ngga ngecek kondisi cuaca disana, hanya karena memang habisin cuti dari kantor haha..ternyata sampai di Singapore itu hujan deras dari malam dan bahkan sampai siang hari, padahal itinerary udah paripurna kan. Pernah 1 harian kami hanya di apartment dan hanya jalan-jalan di mal terdekat saja, setelah itu pulang yang penting jalan kan..haha Nah kali ini saya bakal bahas tempat mana saja yang kami kunjungi selama disana yah..Let’s Check it out!!

Universal Studio’s

Pastinya hampir semua orang tahu dong ya Universal Studios. Universal Studios ini berada di Resort World Sentosa dan sangat mudah dicapai dari manapun tempat anda menginap di Singapore. Disini mommies bakal menemukan berbagai macam permainan yang dikemas dalam bentuk Theme Park dari Universal Studios seperti Transformers, Shrek’s, Madagascar dan lain-lain. Anak-anak pasti langsung merasa akrab dengan tokoh-tokoh disana dan pasti sangat menyenangkan bagi mereka ya! Tapi harus pastikan juga ya moms, jenis permainannya bisa dimasuki oleh baby’s kita ngga, karena pengalaman saya untuk Cle yang waktu itu masih 15 bulan, hanya beberapa wahana yang bisa kita masuki. Lalu karena di USS itu gede, klo bisa sedia minuman which air mineral ya moms, biar kita ngga dehidrasi, maklum makanan dan minuman disana rata-rata harganya lebih dari 12 SGD.

Lokasi                                    : 8 Sentosa Gateway, Singapore 098269

Waktu Operasional          : Setiap Hari Pk.10.00 – Pk.19.00 Waktu Singapura

Tiket Masuk                        : Rp.652.500 (dewasa) | Rp.510.000 (Melalui tiket.com)

Akses dengan MRT          : Harbour Front, kemudian melanjutkan dengan MRT ke Sentosa yang ada di Vivo City lantai 3 SGD $4 (bisa menggunakan EZ Link Tourist Pass)

Akses Jalan Kaki                : Melalui Sentosa Boardwalk (600m) biaya SGD $1

Akses dengan bus            : Bus RWS8, biaya SGD $2

Akses dengan Cable Car: SGD 29 (dewasa, bolak-balik) | SGD 18 (anak-anak diatas 3 – 12 tahun) | Gratis untuk anak dibawah 3 tahun.

Berdasarkan pengalaman saya kemarin, untuk bisa sampaik disana saya memilih jalur dengan MRT, karena beberapa hal diantaranya dari beberapa referensi dan buku panduan yang say abaca, jalur paling rinci itu melalui MRT, nah untuk bayarnya pun mudah hanya menggunakan Ezlink, lalu kita naik monorail dan sampai langsung ke USS. Keuntungan lainnya setelah kita pulang dari USS kita bisa mampi dulu di Mall besar di Singapore, kebetulan disana ada playground yang ok, tapi sayangnya kami ngga mampir karena Cle sudah tepar.

Oh yah buat mommies sedikit tips untuk dapatin tiket USS, kalo beli langsung di tempat selain harganya mahal kita juga mesti ngantri ya moms, tapi kalo bisa saya sarankan beli online saja, karena selain ada promo yang harganya sedikit lebih murah dan kita ngga perlu ngantri lagi. Kembali lagi saya cari di Klook moms..

Museum Arts and Science Singapore

Museum Arts and Science Singapore ini berada di Marina Bay Sands, persis bersebelahan dengan Marina The Shoppes. Meskipun namanya terdengar serius sebagai Museum Arts and Science, namun disini juga sangat menyenangkan bagi anak-anak. Mereka memiliki berbagai Eksebisi seperti Future World – where arts meets science, NASA – a human adventure, Into the Wild, dan eksebisi lainnya yang dapat berganti sepanjang tahun. Jadi ada baiknya sebelum ke Museum Arts and Science anda bisa melihat dahulu jadwal eksebisi mereka di website.

Lokasi                                    : 6 Bayfront Ave, Singapore 018974

Waktu Operasional          : Pk.10.00 – Pk.19.00 Waktu Singapura Tlp : +65 6688 8888

Harga Tiket                         : Future World : SGD 7$ (dewasa) SGD 5$ anak-anak. Free drink dengan menukarkan tiket. Harga lainnya tergantung eksebisi yang sedang berlangsung. Cek di website.

Website                               : http://www.marinabaysands.com/museum/exhibitions-and-events.html

Akses MRT                          : Marina Bay

Akses Bus                            : SBS 97, 97E, 133, 133M, 502, 518, SMRT : 106

Buat mommies yang mau masukin arts museum di destinasi, lebih baik cari tempat wisata yang searah, maksudnya arts museum ini berdekatan dengan Patung Merlion yang notabene, kita bisa akses dari Merlion ke Arts museum dengan berjalan kaki ya..Tapi harus diingat klo bisa jalan kakinya di sore hari moms sekitar jam 4/5 sore lah, karena jaraknya agak lumayan lah..hihi jangan lupa bawa stroller ya moms biar ngga encok badan kita.

Patung Merlion

Ya, kalau bisa dibilang ini adalah juaranya! Ikon dari Singapura yang tentunya juga menjadi objek foto utama di negara ini. Patung Merlion selalu tampil di segala hal yang berhubungan dengan Singapura, mulai dari brosur pariwisata, magnet kulkas, gantungan kunci, dan berbagai produk lainnya, banyakk banget kan. The Merlion yang memiliki arti ‘Singa Laut’ ini digambarkan sebagai hewan mitos yang bertubuh ikan dan berkepala singa, telah menjadi maskot Singapura. Jadi jangan sampai dilewatkan moms kesempatan untuk berfoto di depan patung yang berada di Merlion Park, di pinggir Singapore River, seberang gedung Esplanade ini, walaupun yah jangan kaget kalo buanyakk banget yang orang yang pengen berfoto.


Awalnya saya sempat bingung dan bertanya kalo mau ke Patung merlion jalurnya bagaimana, dulu tahun 2012-an saya pernah ke Singapore tapi bukan buat jalan-jalan melainkan buat liputan kerja, jadi ya jelas lupa jalur gimana biar sampai disana. Alhasil ngga seribet dulu sih, sekarang karena ada maps, moms bisa manfaatkan, lagipula bertanya menurut saya lebih mudah dan jelas. Karena kali sok tau alhasil kesasar, ya ngga sih..huhu

Nah ini cara paling mudah buat ke Merlion Park

Naik MRT ke Raffles Place MRT Station (EW14/NS26), kemudian jalan menuju Singapore River dan belok kanan ke arah Fullerton Hotel. Kemudian menyeberangi Fullerton Road dan turun ke jalanan di sisi sungai, di bawah jembatan Esplanade. Atau dari gedung Esplanade, jalan menyeberangi jembatan menuju Merlion Park.

Haji Lane

Lokasi dan Rute menuju Haji Lane ini adalah salah satu spot wisata di Singapura yang mulai happening belakangan ini. Kalau tahun-tahun sebelumnya wisatawan Indonesia Cuma mengenal Mustafa atau Bugis sebagai tempat belanja suvenir murah di Singapura, sekarang wisatawan Indonesia, khususnya kids jaman now bisa bawa oleh-oleh yang instagramable dari Singapura. Haji Lane ini ga lebih merupakan gang sempit moms yang berisikan rumah-rumah Singapura jaman dulu dengan tembok yang penuh berisi mural atau lukisan unik. Mural-mural inilah yang dijadikan background foto yang kemudian menyebar luas di media sosial sampai akhirnya viral.

Kami sendiri sebenarnya memang penasaran seperti apa sih gang viral ini, ternyata hanya bebrapa gang saja, dan memang bagus kalo untuk lokasi foto. Sayangnya kami ngga foto yang banyak, karena baru sampai dilokasi tiba-tiba gerimis, alhasil cuma bisa cekrek sedikitttt banget.

Cara untuk ke Haji Lane gimana?

Untuk menuju tempat wisata Haji Lane, mommies bisa naik MRT turun di Stasiun Bugis. Setelah itu cari exit yang mengarah ke Raffles Hospital dan jalan kaki ke arah Raffles Hospital. Lewati rumah sakit tersebut ke arah masjid Sultan. Kubah masjid bakal terlihat. Jangan bayangin Haji Lane itu jalan besar ya, Haji Lane adalah sebuah gang yang paralel dengan jalan tempat masjid Sultan berada. Kalau jalan dari Bugis, maka Haji Lane ada di sebelah kanan jalan. Pokoknya mommies harus tau patokan setiap sisinya, pas kita sampai di Haji Lane aja kayak ketemu dooprize banget, haha soalnya pas ketemu Raffles Hospital itu jalanan besar.

Bugis

Bagi Mommies yang ingin menghemat uang, silakan lanjutkan perburuan oleh-oleh ke pusat perbelanjaan Bugis Street yang terletak di antara Rocchor, Victoria, dan Queen Street. Bugis Street terkenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan paling murah di Singapura. Jadi bagi mommies yang mau kesana bisa dengan MRT yang menuju Bugis dari Orchard adalah North South Line dengan lambang garis merah. Dari Stasiun Orchard, Anda harus transit di Stasiun City Hall kemudian menyambung perjalanan dengan naik MRT East West Line (garis hijau) hingga mencapai Stasiun Bugis. Letak Stasiun MRT Bugis berada di bagian bawah Bugis Juction. Untuk mencapai Bugis Street, Anda harus naik ke atas kemudian ke luar dari Bugis Junction.

Ke luar dari Bugis Junction, Mommies tinggal menyeberangi jalan untuk mencapai Bugis Street. Nanti akan terlihat tulisan “Bugis Street” besar menyala terang. Saat memasuki kawasan Bugis Street, Mommies bakal puyeng deh, dijamin karena akan dengan mudah menemukan suvenir lucu khas Singapura untuk oleh-oleh. Dari mulai gantungan kunci, magnet kulkas, kaus, tas, dompet, hingga makanan kecil seperti coklat, biskuit, hingga selai serikaya. Saya pun pusing karena semuanya murah meriah..hihi

Untuk kaus dibanderol para pedagang dengan harga 10 dollar Singapura per 3 buah. Untuk gantungan kunci, tempelan kulkas 10 SGD kita udah dapat 6 bahkan 10 item barang..Wuihh bahagiakan moms..

Nah, moms klo mommies khawatir buat ajak anak traveling jauh, coba dimulai dulu buat traveling yang dekat seperti Singapore, karena ke Singapore, jarak tempuhnya masih dekat, lagipula kita bisa meminimalisir budget traveling kok, apalagi kalo direncanakan dari jauh-jauh hari moms. Jangan lupa buat itinerary sebaik mungkin, karena pengalaman saya kalo ngga punya tujuan di negara orang lain, pasti bakal buyar semua moms..Happy Holiday Mommies..

back to top