Pengalaman Pertama Cle ke Dokter Gigi

0
1102

Akhirnya setelah sekian lama, kesampean juga nih moms, saya ajak Cle ke Dentist khusus anak. Awalnya sempat ragu karena jujur gigi Cle sangat sehat dan ngga ada masalah apa-apa. Tetapi karena saya sering konsultasi dengan beberapa teman dokter dan akhirnya yaudah bawa Cle ke Dentist.

Sebenarnya kapan sih anak itu sudah mulai dikenalkan kepada Dokter Gigi? Nah pertanyaan ini yang saya tanyakan kepada dokter pertama kali konsul, jadi dari hasil survey ke beberapa Dokter disarankan kita memeriksakan kondisi gigi anak pada usia diatas satu tahun. Nah kenapa Cle baru mau 3 tahun saya bawa ke dokter? Karena alasannya pertama tidak ada keluhan mendasar, misalkan gigi reges atau malas sikat gigi.

Setelah menginjak 3 tahun karena Cle juga sudah banyak makan makanan seperti orang dewasa, jadi saya sudah merasa sangat perlu jika memeriksakan giginya. Oh yah buat mommies yang anaknya masih kecil dan belum dikategorikan balita, ada baiknya jika diperkenalkan sikat gigi supaya anak tergerak untuk selalu menyikat giginya jika sedang memegang sikat gigi. Ini juga yang saya coba lakukan kepada Cle sedari usia 9 bulan, jadi hingga sekarang, dia akan selalu ingat jika tidak sikat gigi atau sebelum tidur.

Pemilihan Dokter Gigi

Nah hayo, siapa yang galau buat cari dokter gigi buat si kecil? SAMA!! saya juga termasuk orangtua yang bakal compare antara dokter satu dengan lainnya, lalu pasti riset secara jelas klinik/RS dituju terutama dokter yang bakal pegang anak kita. Kemarin ada beberapa referensi dari Instagram, teman atau langsung search di google hanya saya lebih memilih Klinik/RS yang langsung dicover oleh Insurance kantor, hehe terutama cashless ya mommies, lumayan kan. Selain itu cari Klinik yang lokasinya bisa dijangkau mommies dan keluarga loh, jangan sampe udah booking dengan dokternya, ngga taunya mommies telat datang karena masalah lokasi jauh/macet, karena ada beberapa klinik/RS yang sangat strick dengan waktu kedatangan.

Dharmawangsa Dental Studio (DDS)

Lalu saya menjatuhkan pilihan ke Klinik Gigi khusus anak di Dharmawangsa Dental Studio (DDS)-Jakarta Selatan. Seperti yang saya sudah mention diatas kenapa saya pilih DDS karena pertama Cashless dan lokasinya sangatlah terjangkau dari rumah kami, karena hanya menempuh sekitar 15 menit, dekat bukan. Oh yah lokasi DDS pas samping Plataran Dharmawangsa ya moms. Lalu karena kebetulan saya prefer untuk appoitment di weekend jadi pas banget kami dapat jadwal di Minggu pagi, dan sebelum kesini mommies mesti booking appoitment dulu ya by whatsapp, jadi nanti untuk waktu kedatangannya akan di konfirmasi dari pihak DDS-nya moms.

Kesan saya pertama masuk ke DDS, sangat hommy dan comfort, Cle juga sangat enjoy, karena ketika kita masuk ada tempat untuk anak mewarnai dan buku-buku. Sambil menunggu dokter datang Cle sibuk untuk mewarnai, untungnya ditengah pandemic seperti sekarang Cle sudah bisa saya kasih pengertian kalo kita mesti tetap memakai masker, dan mesti takut kuman dan virus. Alhasil dia tetap memakai maskernya tanpa disadari. Good Job Girl. Oh yah mommies buat mommies yang worry gimana protokol kesehatan di DDS, tenang saja karena sebelum kita masuk, suster akan mengecek suhu tubuh kita dan wajib untuk mengenakan masker & hand sanitizer. Setelah itu kita juga akan dikasih soft drink/mineral water sembari menunggu jadwal masuk.

Cle Hebat!!

Jadi moms, kalo memang ada rencana mau ke dokter gigi, sebisa mungkin anak dikasih gambaran tentang dokter gigi yah, jangan sampe si kecil kaget apalagi takut, karena bukan hanya anak kecil orang dewasa aja ngga jarang masih takut kalo mesti check up ke dokter gigi. Jadi setiap hari saya selalu bilang ama Cle kalo nanti kita akan ke dokter gigi, dan kalo dokter bilang buka mulutnya kamu buka ya nak, wahh ini diluar ekspektasi. Jujur saya kagum ama Cle yang langsung naik diatas kursi pemeriksaan sendiri. Disamping itu sumpah Dokter di DDS terutama Drg. Zahara yang disaat itu tangani Cle beserta susternya sangat friendly dan welcome banget. Jadi kesan pertama Cle pas ketemu dokter ngga semengerikan dalam bayangan. Selain itu juga anak-anak bebas memilih film apa yang akan mereka tonton sembari dokter memeriksakan gigi mereka.

Selain itu Cle juga dipinjami alat2 kedokteran semacam cermin kecil supaya dia bisa melihat langsung giginya. Thanks God Dokter bilang ngga ada masalah apapun untuk gigi Cle, hanya di gigi depan ada yang bolong dan ukurannya jga kecil, jadi ngga terlalu masalah. Lanjut akhirnya di pertemuan pertama itu hanya brush brush treatment saja. Walaupun sedikit mewek karena dengar alat brushnya tapi dia ketawa pas treatmentnya kelar…yeahhh!!!

Nah ini kayaknya yang selalu ditunggu anak-anak. Jadi Moms kalo anak-anak sudah kelar untuk pemeriksaan giginya dan berani, mereka akan diapresiasi dengan mainan, Nah anak-anak bebas memilih mainan apa yang diberikan oleh suster dan dokter. Wahh menarik bukan! Jadi moms ngga ada alasan kita tidak mengajarkan anak-anak merawat giginya dan memeriksakan gigi sedini mungkin yah. Overall saya suka dengan klinik yang ramah seperti ini, dan see u next month buat tambal Gigi Cle yang kecil nih. Sehat selalu semua 🙂

back to top